Modifier merupakan prefiks kata kunci yang digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah class, atau method beroperasi.
Terdapat beberapa modifier yang akan kita bahas disini, yaitu public, private, static, abstract, final.
static
Diterapkan terhadap Class, Method, Variable
.
Modifier static akan membuat entitas yang disemati
static akan menjadi entitas tunggal, yang mana apabila telah ditentukan nilainya di salah satu bagian program, maka nilai terakhir yang ditentukan itulah yang berlaku.
Sebuah variable dengan static modifier, di dalam Class,
berarti hanya akan merujuk pada satu variabel tersebut, tidak memperhitungkan
seberapa banyak objek yang dideklarasikan. Demikian juga untuk class.
Contoh:
public class kelas3{
static
int x = 1;
public
kelas3()
{
x++;
}
}
kelas3 kls1 = new kelas3();
System.out.print("ins 1 :" +
String.valueOf(kls1.x) + "\n");
kelas3 kls2 = new kelas3();
System.out.print("ins 2: " +
String.valueOf(kls2.x));
Hasil:
Ins 1: 2
Ins 2: 3
Protected
Diterapkan terhadap
Method, Variable
Modifier protected akan membuat fitur sebuah class
tersedia bagi class-class lainnya, tidak saja bagi class yang ada di dalam
package yang sama, tetapi juga package yang berbeda HANYA melalui Inheritance
Package project1
public class TestUmum{
void
protected Pilih()
{
x++;
}
}
Package project2
Import project1.TestUmum;
public class testA extends TestUmum{
void Eksekusi()
{
Pilih(); // -> Tidak Error
TestUmum tu = new TestUmum();
tu.Pilih();
//X
Compile Error
}
}
Abstract
Diterapkan terhadap Class, Method
.
Modifier abstract digunakan untuk mendefinisikan fondasi
watak sebuah class untuk diterapkan di class-class yang menerapkannya.
public
abstract class kelas3{
abstract void test1();
Void test2(){
system.out.println(“test”);
};
}
Kelas 3
kls = new Kelas3(); //X salah
public
abstract class kelas4 extends kelas3{} Valid
No comments:
Post a Comment