Tuesday, November 06, 2012

Pengembangan Aplikasi Web dengan ASP.NET

Pengembangan Aplikasi Web dengan ASP.NET

Salah satu tool atau alat pengembangan di pasaran yang cukup produktif ialah produk dari Microsoft yang mengenalkan IDE bernama Visual Studio.  Untuk Pemrograman Web, Microsoft memperkenalkan ASP.NET yang menggunakan C#, dan  VB.NET sebagai fondasi bahasanya.

Untuk mempermudah pemahaman kita terhadap teknologi-2 yang ada, maka Bahasa dalam bab ini kita fokuskan dengan menggunakan C#, karena C# menggunakan gaya dan sintaks yang mirip dengan Java sebagai bahasa pemrograman berbasis OOP.


Organisasi File Aplikasi dalam ASP.NET
Dalam aplikasi ASP.NET, satu unit entitas aplikasi disusun dalam project-project file yang berekstensi .csproj. Setiap file .csproj ini akan mengorganisasikan beberapa file utama aplikasi di antaranya:

1. file html server script yang diberi ekstensi .aspx
2. file code behind yang diberi ekstensi (aspx).cs
3. file class-class yang berekstensi .cs
4. file konfigurasi aplikasi, dengan nama web.config.
5. file masterpage (master) sebagai file container form.
5. file-file library/komponen yang melengkapi aplikasi baik yg menggunakan teknologi COM (teknologi ActiveX sebelum diperkenalkan dengan .NET) maupun teknologi  .NET.
6. File2 pendukung seperti file javascript .js dan konfigurasi format/style tampilan .css.

Pada perkuliahan ini, IDE yang digunakan ialah Visual Studio 2010.


ASP.NET sendiri merupakan bahasa pengkodean untuk aplikasi web yang berbasis pada teknologi .NET.

.NET ialah framework perangkat lunak yang berjalan di atas platform windows, yang mencakup library yang sangat besar dan memberikan interoperabilitas antar bahasa pemrograman. Program yang ditulis di .NET framework berjalan dalam lingkungan perangkat lunak yang disebtu CLR (Common Language Runtime), mesin virtual aplikasi yang memberikan service penting seperti security, manajemen memori, dan penanganan kesalahan.  






No comments: